Mantap Backlink

Existing customer? Daftar

Memahami Perbedaan SEO dan SEM Agar Tidak Salah Langkah

Date Time
Author
SEO dan SEM

SEO dan SEM – Pemasar Internet sering menggunakan frasa seperti “optimasi mesin telusur” dan “pemasaran mesin telusur”. Banyak orang masih tidak memahami perbedaan antara keduanya, meskipun keduanya berupaya meningkatkan lalu lintas situs web. Anda akan menemukan solusi untuk lima pertanyaan umum tentang perbedaan SEO dan SEM di bagian berikut.

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web dan penempatan mesin pencari dalam hasil yang tidak berbayar di mesin pencari seperti Google.

SEO berfungsi untuk meningkatkan visibilitas situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Serta miliki proses yang berkepanjangan.

Untuk bagiannya, SEM (Search Engine Marketing) mengacu pada pendekatan periklanan yang membuat situs web lebih terlihat di SERP dengan menempatkan iklan berbayar di sebelah hasil organik.

Untuk meningkatkan lalu lintas, SEM sering menyertakan beberapa bentuk iklan bersponsor.

SEM dapat menghasilkan temuan lebih cepat, namun dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga : Tips Cepat Belajar SEO dan Kesalahan Umum Bagi Pemula

Cara melakukan SEO

Untuk melakukan SEO, Anda harus menyesuaikan konten dan arsitektur situs agar lebih sesuai dengan kueri yang dibuat oleh pengguna mesin telusur. Anda juga perlu mendapatkan koneksi dari situs web terkemuka dan memastikan situs Anda ramah seluler dan cepat.

Cara melakukan SEM

Pemasaran mesin telusur memungkinkan Anda mengontrol anggaran iklan dengan memilih istilah mana yang akan digunakan. Anda dapat membatasi keterpaparan iklan Anda pada demografi tertentu dengan memilih area geografis tertentu dan jumlah tayangan. Selain memberikan hasil yang lebih cepat daripada SEO, SEM menawarkan lebih banyak agensi atas inisiatif periklanan Anda.

Contoh SEM dan SEO

Ilustrasi SEO dan SEM disediakan di bawah ini untuk membantu mengilustrasikan perbedaannya.

Contoh SEO:

Menjalankan toko pakaian muslim berbasis internet. Anda dapat meningkatkan peringkat mesin pencari situs Anda dengan memasukkan frase “baju Muslim” dan “pembelian online untuk pakaian Muslim” ke dalam teks dan kode situs. Anda juga berupaya membuat situs Anda cepat dan responsif serta mendapatkan koneksi dari situs web terkemuka lainnya. Penelusuran untuk “pakaian muslim” dan “membeli baju muslim online” di Google kini memunculkan situs web Anda di bagian atas halaman hasil organik, berkat kerja keras Anda selama berbulan-bulan di SEO.

Contoh SEM:

Anda memiliki toko pakaian internet dan ingin mengiklankan pengurangan harga yang signifikan. Dengan menggunakan SEM, Anda dapat dengan cepat meningkatkan visibilitas situs web Anda dengan membuat iklan berbayar di Google Ads. Anda memilih beriklan menggunakan istilah “toko baju muslim murah” dan menetapkan anggaran untuk itu. Selain itu, Anda dapat menentukan di mana dan kepada siapa iklan Anda akan ditampilkan, memastikan bahwa iklan tersebut hanya menjangkau orang-orang yang tertarik dengan iklan tersebut (dalam hal ini, orang yang menelusuri penjualan pakaian muslim). Setelah meluncurkan upaya periklanan Anda, pelanggan baru berduyun-duyun ke situs web Anda dan memanfaatkan diskon Anda.

Dua pendekatan di atas, SEO dan SEM, untuk meningkatkan paparan situs web, sangat berbeda. Optimisasi mesin pencari (SEO) membutuhkan lebih banyak waktu tetapi terbayar dalam jangka panjang, sementara iklan bayar per klik (PPC) memberi Anda hasil dengan cepat tetapi dengan harga lebih tinggi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilih taktik yang sesuai untuk perusahaan Anda.

Persamaan SEO dan SEM

Meskipun pengoptimalan mesin telusur dan pemasaran mesin telusur berbeda dalam beberapa hal, mereka juga serupa dalam hal lain. Daftar cara-cara di mana SEO dan SEM serupa:

Tujuan meningkatkan visibilitas website

SEO dan SEM bekerja sama untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Tujuan ini tercapai baik dengan memanfaatkan istilah yang sangat kompetitif yang terkait dengan industri Anda.

Membutuhkan analisis kata kunci

Pengoptimalan mesin telusur dan iklan bayar per klik bergantung pada penelitian kata kunci yang cermat untuk memaksimalkan pemaparan situs web. Tujuan dari studi kata kunci adalah untuk mengetahui istilah apa yang digunakan orang untuk menemukan perusahaan Anda secara online. Setelah itu, istilah tersebut menjadi bagian dari struktur dan materi situs Anda.

Memperhatikan kualitas konten

Kualitas materi penting untuk SEO dan SEM. Peringkat mesin pencari situs web Anda dapat ditingkatkan dengan menambahkan materi yang relevan dan berkualitas tinggi. Itulah mengapa sangat penting untuk berfokus pada menghasilkan materi yang menarik dan instruktif bagi pembaca.

Meningkatkan traffic website

SEO dan PPC dimaksudkan untuk mendorong lebih banyak orang ke situs web. Meningkatkan kesadaran tentang situs Anda akan mempermudah orang untuk menemukan dan menggunakannya. Semakin tinggi volume pengunjung ke situs web Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengalami konversi dan meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Jelas dari empat persamaan yang diberikan di atas bahwa tujuan akhir dari SEO dan SEM adalah untuk meningkatkan eksposur dan lalu lintas situs web. Jika Anda ingin perusahaan Anda berkembang di era digital modern, Anda perlu menerapkan kedua taktik ini secara bersamaan.

Postingan Terbaru