Mantap Backlink

Existing customer? Daftar

5 Proses Mudah Membuat Website Sendiri, Langsung Mulai Bisnis Digital

Date Time
Author
Membuat website sendiri

Membuat Website Sendiri – Situs web telah berkembang menjadi pasar online multifungsi tempat pengguna dapat mencari produk, melakukan pembelian, dan melakukan jenis operasi bisnis lainnya. Namun, banyak orang terus percaya bahwa menjalankan situs web itu rumit dan membuatnya terlalu mahal.

Namun, sekarang tidak lagi demikian, karena memungkinkan untuk meluncurkan situs web dari awal tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sangat disarankan untuk mencoba pembuat situs web yang sederhana dan gratis ini.

1 . Pilih jenis website

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat membuat situs web gratis adalah memutuskan situs seperti apa yang ingin Anda buat.

Dengan begitu, Anda dapat berkonsentrasi pada aspek pengembangan situs web yang lebih penting sekaligus menghemat waktu.

Jika Anda ingin menjual barang secara online, Anda harus memprioritaskan situs katalog dan fungsi e-niaga seperti kemampuan menerima pembayaran.

Sebaliknya, jika Anda berencana menggunakan blog Anda sebagai sarana untuk berbagi pemikiran Anda dengan dunia, Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal seperti situs katalog atau add-on e-niaga.

Pertimbangkan audiens, sasaran, dan tugas yang dituju situs web sebelum menetapkan desain. Contoh sumber daya online pendukung keputusan populer tercantum di bawah ini.

  • Blog pribadi
  • Toko online
  • Situs berita atau informasi
  • Forum diskusi online
  • Galeri foto atau portfolio
  • Situs web organisasi atau lembaga
  • Halaman web promosi produk atau jasa
  • Situs web acara atau konferensi
  • Situs web pendidikan atau tutorial

2. Setting Hosting dan Domain Free

Dalam membuat website sendiri setting hosting adalah langkah ke 2 yang harus diselesaikan. Jika Anda tidak ingin menggunakan TLD (Top-Level Domain) untuk alamat situs web, seperti namasitusweb.com. Anda dapat melakukannya saat membuat situs web gratis.

Sebagai gantinya, Anda akan menggunakan subdomain untuk mengarahkan lalu lintas ke host gratis, seperti WordPress.com.

Namun, ada beberapa kelemahan menggunakan hosting dan nama gratis, seperti lebih sedikit opsi untuk mengubah tampilan situs Anda dan lebih sedikit fitur pengoptimalan.

3. Pasang WordPress dan atur tema

Menempatkan WordPress sebagai Sistem Manajemen Konten (CMS) untuk situs web. Merupakan tahap selanjutnya dalam membangun situs web. Setelah menyiapkan hosting dan nama domain.

WordPress memungkinkan Anda memberikan tampilan profesional pada situs web Anda. Membuatnya mudah dinavigasi oleh pengguna.

Selain itu, fitur WordPress memungkinkan Anda mengelola konten situs web dengan mudah. Tanpa memerlukan keahlian teknis.

Jika Anda baru memulai pengembangan situs web, jangan takut: WordPress akan mempermudah pembuatan situs yang menarik dan praktis.

4. Gunakan Plugin yang dapat membantu Website

Setelah struktur situs web Anda bersih, Anda dapat memikirkan untuk menambahkan ekstensi/plugin untuk memperluas kemampuannya.

Beberapa ekstensi, seperti LiteSpeed Cache dan Yoast SEO, sangat penting dan harus dipasang di setiap situs web.

Cukup masuk ke Dashboard, lalu arahkan ke Plugins > Add New untuk memulai proses instalasi plugin.

Anda dapat menemukan banyak plugin berguna, seperti LiteSpeed Cache dan Yoast SEO, di halaman ini.

Segera setelah penginstalan selesai, Anda harus memilih Aktifkan untuk mengaktifkan plugin dan siap digunakan di situs Anda.

Untuk peringkat mesin pencari yang lebih tinggi, penting untuk memiliki situs web yang cepat dan andal, yang keduanya dapat dicapai dengan memasang plugin yang sesuai untuk meningkatkan kecepatan dan merampingkan pengoptimalan SEO.

Baca juga : Plugin Untuk SEO Ringan dan Ampuh Tingkatkan Trafik pada WordPress

5. Optimasi website 

Proses optimasi merupakan tahap terakhir dalam membuat website sendiri yang fungsional tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Mengoptimalkan situs web sangat penting. Ada dua aspek untuk mengoptimalkan situs web, yaitu kecepatan dan visibilitasnya di mesin pencari. (SEO).

Gunakan tema yang responsif dan ringan, tingkatkan waktu muat halaman, dan amankan situs Anda untuk memaksimalkan efisiensi situs web Anda.

Sementara itu, untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin telusur, manfaatkan tag judul yang dioptimalkan dengan kata kunci, teks jangkar yang ringkas dan relevan untuk semua tautan tetap Anda, dan konten yang ditulis dengan baik.

Setelah Anda memiliki pengetahuan ini, Anda dapat memulai bisnis digital Anda dan memanfaatkan banyak peluang yang dihadirkannya.  

Postingan Terbaru